Aku, Ketiga Hobiku dan Mendengarkan Cerita


Neversleepatnight.blogspot.com
Night Three



AKU, KETIGA HOBIKU DAN MENDENGARKAN SEBUAH CERITA


Hey malam, bisakah kau memberitahukan angin, bintang, bulan dan rintik hujan yang turun saat ini, bahwa aku menyukai kisah-kisah mereka? Maukah kau menemaniku sebelum ku terlelap dengan sebuah cerita? Aku akan mendengarkan.. Aku akan mendengarkan.. Apapun itu.


Aku bukan Cristiano Ronaldo ataupun Lionel Messi, bukan juga komentator ESPN, tapi aku menyukai sepak bola. Aku bukan Mushishi Kisimoto, Eiichiro Oda ataupun Urasawa Naoki, bukan juga staff animation, tapi aku menyukai manga dan anime. Aku bukan Leonardo di Caprio ataupun Brad Pitt, bukan juga Stephen Spielberg ataupun Christopher Nolan, tapi aku menyukai film. Namaku Hishigi Ryuuji dan aku menyukai cerita.

Aku memiliki tiga hobi yang sangat susah kuhilangkan sejak masih SD hingga sekarang. Bukannya meredup, aku malah semakin menyukai ketiga hobiku ketika usiaku bertambah. Sepak bola, manga & anime, serta film. (Setelah kupikir-pikir dan kuhitung lagi ternyata ada empat! ahahaha..)

Aku memang bukan Messi, tapi aku menyukai berbagai hal tentang dunia sepakbola sejak kecil. Andai aku memiliki fisik dan skill yang baik, aku mungkin sudah menjadi pemain bola. Walaupun sangat jarang bermain, tapi aku seperti tak pernah berhenti mengikuti perkembangan dunia sepakbola, dari mulai menonton pertandingan, info  hasil pertandingan, kabar cedera, rumor transfer pemain, statistik, kebijakan klub atau timnas hingga berbagai hal menarik tentang pemain dan klub sepakbola. Aku memiliki banyak klub favorit di tiap liga besar eropa, mulai dari Manchester United dari EPL, Real Madrid dari Liga Spanyol, AC Milan dari Serie A, Bayern Muenchen dari Bundesliga hingga LOSC Lille Metropole dari Ligue 1. Klub yang kusebutkan pertama adalah klub yang paling kusukai dan EPL adalah liga yang paling kugemari. Saat SMA, aku bahkan mengoleksi berbagai pernak-pernik tentang sepakbola, khususnya yang berbau ManUtd. Suatu saat nanti, aku juga ingin mengunjungi Old Trafford untuk menonton pertandingan mereka. Ada beberapa yang bertanya, apa hubungannya sepakbola dan cerita? Bagiku pertandingan sepakbola adalah sebuah kisah perjuangan suatu tim untuk mencapai target mereka, kemenangan ataupun hasil imbang, meraih juara ataupun menghindari degradasi dengan taktik, skill, kerjasama dan semangat mereka. Jika tim kesayangan kalah, gagal juara atau bahkan terdegradasi, itu adalah seperti sebuah cerita dengan sad ending, dan begitu juga sebaliknya. Seringkali sebuah pertandingan berlangsung dramatis dan tak terduga, kekalahan karena gol di injury time, kekalahan karena keputusan wasit yang kontroversial, menang atas tim besar atau berhasil juara tanpa bintang ternama dan uang melimpah, itu adalah sebuah ending yang tak terduga dan membuat sepakbola menjadi menarik.

Hobiku yang kedua adalah dua hal yang berbau Jepang. Manga dan Anime. Walaupun keduanya berbeda tapi aku tak bisa memisahkan keduanya (khususnya di tulisan ini) karena saling berkaitan. Selain keduanya berasal dari Jepang, anime juga seringkali dibuat berdasarkan sebuah manga yang terlebih dulu populer. Ketika aku membaca sebuah manga yang menarik, aku juga ingin menonton animenya, begitu juga sebaliknya. Terus terang, sebagaimana aku yang menyukai sepakbola ini tapi tak bisa bermain, aku juga tak bisa menggambar sama sekali meski memiliki daya imajinasi yang lumayan. Meski begitu, aku sangat menyukai manga dan bahkan memiliki wawasan dan referensi yang cukup luas tentangnya, melebihi referensiku tentang anime. Aku menyukai manga dan anime sejak kecil. Aku tak ingat manga apa yang pertama kali kubaca dan anime pertama yang kutonton. Tapi sejak itu sudah ribuan volume manga kubaca dan hampir 800 episode anime kutonton. Aku sempat ingin menjalani hobi sebagai komikus, tapi berhubung bakat menggambarku yang nol besar (terutama gambar karakter manga) dan lingkungan di Indonesia yang kurang medukung, maka pencapaian maksimalku hanya pernah membuat skrip manga, name manga dan berbagai konsep cerita yang bisa digunakan untuk pembuatan manga. Bisa kukatakan, manga dan anime adalah hal yang membuatku penasaran tentang Jepang. Suatu saat nanti, aku ingin berkunjung ke Jepang dan melihat dunia manga dan anime dengan mataku sendiri.

Hobiku yang ketiga bukan membaca novel –meski novel jelas merupakan sebuah rangkaian cerita dan aku pernah beberapa kali membaca-, melainkan film. Mungkin bisa ditambahkan penjelasan dari ketiga hobiku, yaitu “rangkaian cerita yang mengandung visualisasi pendukung. Alasanku tak begitu menyukai novel adalah karena tak adanya visualisasi yang menghindarkanku dari rasa bosan dan lelah, meski kuakui beberapa novel mengundang perhatianku. Berbeda dengan film yang merupakan paduan dari cerita dengan penunjang audio dan visual, aku sangat menikmatinya. Bahkan dulu aku juga punya mimpi untuk menjadi seorang director ataupun screenplay writer. Berawal dari kegemaranku menonton film-film barat di televisi saat masih kanak-kanak, aku tumbuh menjadi moviegoer yang tiap minggu bahkan tiap hari tak bisa tidak menonton film. Aku selalu menonton film unggulan di bioskop jika ada teman yang mau menemani, namun aku lebih sering menonton film dari PC atau laptopku yang memang penuh dengan film. Aku sangat mencintai film Hollywood walau belakangan aku lebih sedikit terbuka unut menonton film dari berbagai negara lain. Apakah aku juga memiliki keinginan mengunjungi salah satu studio besar di Hollywood ataupun bertemu salah satu tokoh terkenal? Mungkin saja.

Ketiga hobiku yang sangat susah dihilangkan, walaupun sering kutahan demi kegiatan-kegiatan yang lebih penting. Begitu berbicara mengenai ketiga hobiku ini, aku seperti tak mau berhenti. Aku yang kadang lebih tenang dan sok cool, menjadi sangat cerewet jika sudah ngobrol tentang hobi ini. Aku memang sangat menyukai sebuah cerita, jadi jika ada seorang teman yang mau berbagi cerita tentang apa saja, biasanya aku siap untuk mendengarkan, asal tentu saja bukan gosip tentang aib orang lain, kekeke... Ah, aku sudah terlalu panjang menulis, beginilah kalau tentang hobi. Aku mungkin akan sering menulis tentang ketiga hobiku di blog ini.



Seperti mendaki awan dan terbang bersayapkan sinar imajinasi ke dunia luar dan menjelajah ke berbagai kehidupan. Melihat dan mendengar, mengalir bersama untaian kisah penuh warna.. Terima kasih Malam, untuk cerita yang kau bisikan. Aku akan terus mendengarkan ceritamu, bahkan dalam mimpiku.

0 komentar:

Posting Komentar